Perlukah Asuransi Mobil untuk Mobil Bekas

Perlukah Asuransi Mobil untuk Mobil Bekas

Manfaat asuransi mobil untuk mobil bekas

Polis asuransi mobil secara historis menutupi biaya perbaikan penuh mobil dan nilainya. Ini karena harga mobil di masa lalu adalah tetap, dan bukan merupakan produk penawaran dan permintaan. Pada akhir 1990-an, John Malone memperkenalkan asuransi mobil yang menawarkan nilai penggantian penuh, tanpa cakupan bencana. Perusahaan asuransi mobil tidak tertarik melakukan ini.

Ada tiga alasan mengapa perusahaan asuransi mobil tidak menawarkan nilai penggantian penuh:

1) Mereka tidak percaya bahwa mereka dapat menaikkan premi terlalu banyak untuk membuatnya berharga. Hal ini antara lain disebabkan oleh peraturan kenaikan premi pada klaim kewajiban kendaraan bermotor.

2) Mereka tidak percaya bahwa konsumen akan bersedia membayar lebih untuk nilai penggantian penuh karena kekhawatiran tentang keselamatan mereka sendiri (misalnya, jika mereka mengemudi dengan tidak aman atau menyebabkan kecelakaan).

3) Perusahaan asuransi mobil tidak percaya bahwa pelanggan mereka akan menginginkan nilai penggantian penuh karena mereka menginginkan perlindungan yang lebih baik terhadap pencurian atau kerusakan akibat kebakaran; ini memanifestasikan dirinya dalam dua bentuk:

a) Kebijakan pertanggungan berbasis kerugian ditawarkan oleh sebagian besar organisasi yang menawarkan asuransi, tetapi ada sedikit korelasi antara kerugian dan nilai. Polis pertanggungan berbasis kerugian lebih mungkin untuk menutupi pencurian atau kerusakan daripada pertanggungan tabrakan bebas kerugian.

b) Rata-rata orang tidak memahami seberapa besar perlindungan yang mereka butuhkan terhadap pencurian atau kerusakan akibat kebakaran; kebanyakan orang tidak menganggapnya sebagai masalah nyata, jadi mereka tidak memilih pertanggungan berbasis kerugian bahkan ketika tersedia dengan harga yang tepat — dan bahkan ketika tersedia dalam beberapa bentuk dengan harga yang tepat, banyak pelanggan masih lebih memilih cakupan tabrakan daripada pencurian atau kerusakan kebakaran cakupan karena tabrakan mencakup mereka lebih baik daripada pencurian atau kerusakan kebakaran tidak (meskipun tingkat 2 kebijakan tabrakan mencakup semua jenis cakupan). Saya memperkirakan bahwa hari-hari ini orang akan bersedia membayar untuk tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap kebakaran, pencurian, atau risiko “nyata” lainnya daripada tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap risiko “tidak nyata” (misalnya, tersambar petir). 

Berbagai jenis polis asuransi otomotif yang tersedia

Banyak orang membeli asuransi otomotif di dealer, tetapi merasa tidak terjangkau, karena mereka tidak mampu membayar polis. Atau lebih buruk lagi, mereka pikir itu bukan ide yang baik karena orang tua mereka memiliki kebijakan yang sama dan mungkin mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.

Kedua poin ini benar, tetapi yang pertama lebih umum daripada yang mungkin Anda pikirkan: sementara dealer dan staf penjualan lainnya akan memberi Anda penawaran untuk berbagai kebijakan berdasarkan status kredit Anda, jumlah yang dapat Anda hemat untuk kebijakan tertentu didasarkan pada Anda usia dan kebiasaan mengemudi. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, tidak ada formula ajaib untuk mendapatkan kesepakatan terbaik; apa yang paling cocok untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk orang lain. Selama Anda tetap pada kelompok usia Anda dan mengemudi secara teratur – atau bersedia membeli asuransi dengan tarif diskon (lihat di bawah) – tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa mendapatkan penawaran yang cukup bagus dari dealer terkemuka.

Poin kedua valid dalam caranya tetapi tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang pasti: jika orang tua Anda memiliki asuransi mobil dengan polis yang lebih tua yang ditulis pada hari-hari ketika semua orang cukup muda untuk mulai mengemudi tanpa kehadiran orang tua, maka masuk akal untuk mengambil keuntungan dari keunggulan komparatif itu. Itu tidak berarti Anda harus bersedia membayar lebih dari biasanya untuk mencoba dan memeras diri Anda ke dalam kesepakatan yang layak yang pernah tersedia hanya untuk orang-orang muda yang tidak menginginkan atau membutuhkan asuransi mobil — tetapi coba pikirkan betapa mudahnya itu membuat kehidupan keluarga Anda jika Anda dapat menggabungkan semua mil itu ke dalam periode satu tahun alih-alih menyebarkannya selama tiga tahun.

Bagaimana memilih polis yang tepat untuk Anda

Jika Anda mencari asuransi otomotif untuk mobil bekas, berikut adalah panduan singkat untuk membantu Anda memilih polis yang tepat. Pertama, kabar baiknya: ada banyak polis yang bisa dipilih. Berita buruknya: banyak yang buruk.

Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih polis asuransi mobil bekas: harga dan cakupan. Semakin tinggi harganya, semakin besar pengurangan premi Anda, tetapi juga berdampak pada pertanggungan Anda.

Jika Anda ingin dapat berkendara keliling kota tanpa khawatir terjebak dengan pengemudi yang tidak diasuransikan atau diasuransikan di belakangnya, maka memilih polis yang melindungi Anda untuk biaya tambahan itu adalah pilihan yang baik. Dan jika Anda ingin ketenangan pikiran mengetahui bahwa orang lain tidak mengemudikan hidup Anda dengan melaju kencang di jalan raya, maka di sinilah memiliki penyedia pembayaran kewajiban terendah berguna.

Tetapi terkadang perbedaan ini tidak menjadi masalah: jika Anda memiliki mobil yang lebih baru daripada kebanyakan mobil bekas dan memiliki jarak tempuh yang rendah (kurang dari 40rb), maka $10rb/tahun tidak layak untuk membeli paket tambahan hanya untuk memastikan cakupan dari setiap potensi kerusakan atau benturan. Jika mobil yang sama memiliki jarak tempuh rata-rata sekitar 40rb per tahun, tetapi memiliki batas tinggi dan dalam kondisi yang layak (tidak ada penyok atau bantingan), maka $10rb/tahun mungkin tidak akan menjadi masalah. Satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui dengan pasti adalah dengan mendapatkan penawaran harga dari beberapa perusahaan asuransi. 

Previous post Apa Pentingnya Asuransi Kecelakaan Diri? Temukan Jawabannya Disini!